Back

Apakah Vapers Harus Khawatir dengan Kesehatan Gigi?

kesehatan gigi vapersApakah vapers harus khawatir dengan kesehatan gigi? Mengingat aktivitas vaping atau rokok elektrik ini dilakukan dengan menghirup uap vape yang dilakukan dengan mulut. Ya, melihat dampak dari rokok konvensional, mungkin kamu juga ikut bertanya-tanya tentang masalah kesehatan gigi akibat rokok elektrik ini.

Perlu diketahui, sebetulnya vape memang diciptakan untuk meminimalkan bahaya rokok konvensional. Termasuk yang berkaitan dengan kesehatan gigi. Ternyata vape ini tidak berpotensi untuk membuat gigi lebih cepat kuning, loh. Bukan cuma itu saja, tapi vape juga tidak menyebabkan bau napas dan bau asap. Jadi, vape tetap bisa menjaga penampilan Anda dan menjadi pilihan yang lebih estetik.

Apakah Vapers Harus Khawatir dengan Kesehatan Gigi?

Melihat minimnya dampak kesehatan gigi yang diakibatkan oleh vape, apakah vapers harus khawatir dengan kesehatan pada gigi? Jawabannya, vapers pun tetap harus menjaga kesehatan gigi. Sebab, meskipun tidak berdampak begitu besar, faktanya tetap ada beberapa risiko kesehatan gigi yang bisa dialami vapers.

  • Risiko Mulut Kering

Vapers, tahukah kamu kalau beberapa zat yang terkandung pada liquid vape dapat menyebabkan mulut kering? Nah, keadaan mulut kering yang tidak segera diatasi ternyata bisa menyebabkan sariawan hingga kerusakan gigi. Jadi, sebaiknya ketika vapers merasakan keadaan mulut yang kering, perbanyaklah konsumsi air putih. Air putih ini bisa melarutkan zat yang terkandung dalam liquid vape.

  • Bakteri yang Menumpuk pada Gigi

Seperti yang sudah para vapers ketahui. Bahwa vape mengandung aerosol, yang berdasarkan penelitian dapat membuat gigi mengandung lebih banyak bakteri. Bakteri tersebut biasanya akan bersemayam pada lubang dan celah gigi.

Jika bakteri tersebut menumpuk, maka akan menjadi penyebab gigi berlubang, penyakit gusi, dan kerusakan gigi. Nah, untuk mengatasinya, bisa dengan cara rajin menggosok gigi.

  • Timbulnya Radang Gusi

Menggunakan vape dengan intensitas yang terlalu sering dapat menyebabkan radang gusi. Biasanya, radang gusi yang terlalu parah bisa menimbulkan perdarahan, nyeri, kemerahan, dan gusi bengkak.

  • Menyebabkan Gigi Berlubang

Permasalahan satu ini biasanya diakibatkan dari konsumsi makanan yang manis-manis. Sama dengan penyebab lain, pemanis yang terkandung dalam liquid vape juga bisa menyebabkan gigi berlubang. Selain pemanis, gigi berlubang juga bisa disebabkan oleh tingginya konsumsi nikotin.

Oke, sekarang tentunya kamu lebih tahu apakah vapers harus khawatir dengan kesehatan gigi atau tidak. Jika kamu merasakan gejala seperti yang diuraikan di atas, sebisa mungkin untuk mengatasinya.

Beberapa langkah mengatasi kondisi di atas, yaitu:

  • Konsumsi air putih yang cukup agar mulut tidak kering dan tidak berbau.
  • Menggosok gigi dengan teratur, minimal dua kali sehari.
  • Rajin membersihkan plak gigi dengan benang khusus gigi.
  • Rutin periksakan gigi ke dokter.
  • Membatasi asupan nikotin.

Trik Menghilangkan Nikotin Pada Gigi Supaya Vapers Tidak Harus Khawatir dengan Kesehatan Gigi

Meskipun nikotin yang terkandung pada liquid vape tidak sebanyak rokok konvensional, tapi tidak ada salahnya jika kamu tetap menjaga kebersihan gigi.

Meski kamu sendiri  bisa memilih menggunakan liquid yang non nikotin. Tapi jika kamu menginginkan liquid yang bernikotin, coba deh kenali trik ini biar vapers tidak harus khawatir dengan kesehatan gigi.

  • Rutin menyikat gigi

Tentunya, untuk menghindari nikotin yang menempel pada enamel gigi kamu harus rutin menyikat gigi setiap harinya. Menyikat gigi ini menjadi salah satu cara wajib untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut kamu.

  • Menggunakan obat kumur

Banyak orang yang menggunakan obat kumur meski tidak menggunakan vape ataupun rokok konvensional. Sebab, obat kumur ini memang diyakini dapat membuat gigi jadi lebih berkilau dan bersih.

Kamu bisa menggunakan obat kumur dengan menahannya selama sekitar satu menit di dalam mulut. Setelah itu, masukkan sikat gigi dan mulailah menyikat gigi kamu dengan perlahan.

  • Menggunakan hidrogen peroksida untuk berkumur

Cara yang satu ini diyakini paling ampuh menghilangkan nikotin yang menempel pada gigi. Kamu bisa mencobanya dengan memasukkan sedikit hidrogen peroksida ke dalam air puth. Kemudian kamu bisa menggunakan air tersebut untuk berkumur. Jangan lupa, kalau sudah berkumur segera buang air tersebut dan bersihkan mulut kamu dengan air bersih.

Namun, perlu dicatat kalau hidrogen peroksida ini bisa meningkatkan sensitivitas pada mulut. Jadi, bagi kamu yang mudah sensitif, jangan terlalu sering menggunakan produk ini. Tidak dianjurkan pula menggunakannya dalam jangka waktu yang lama.

  • Membersihkan gigi dengan oil puiling

Sebelumnya kamu sudah tahu belum, apa itu oil pulling? Oil puiling ini merupakan trik membersihkan gigi dengan berkumur menggunakan minyak. Proses oil puiling diyakini bisa menghilangkan bakteri, debu, dan sisa kotoran yang menempel di mulut. Oil puiling ini juga dikatakan bisa memutihkan gigi, loh.

Untuk jenis minyak yang bisa digunakan untuk proses oil puiling yaitu minyak wijen, minyak kelapa, dan minyak bunga matahari.

Caranya juga cukup mudah, kamu hanya perlu menyikat gigi terlebih dahulu, lalu berkumur dengan salah satu minyak di atas selama sekitar satu menit. Kemudian buanglah minyak setelah berkumur.

Meskipun trik oil puiling ini terbukti efektivitasnya, kamu tetap dianjurkan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Untuk apa? Salah satunya untuk menghindari efek samping yang tidak diinginkan.

  • Rutin memeriksakan gigi

Ketika ada pertanyaan, apakah vapers harus mengkhawatirkan kesehatan gigi? Jawabannya, bisa saja vapers tak perlu khawatir, selama rutin melakukan pemeriksaan gigi. Dengan memeriksakan gigi secara rutin, maka kamu akan mendapat rekomendasi prosedur medis dari dokter gigi. Prosedur ini bermanfaat untuk mengatasi permasalahan gigi akibat dari nikotin.

Nah, dengan menerapkan trik-trik di atas, tentunya sekarang kamu sudah tahu, kan, apakah seorang vapers harus khawatir dengan kesehatan gigi? Tentunya, sebagai salah satu komponen utama, gigi dan mulut memang harus selalu dijaga, baik oleh vapers maupun orang yang tidak merokok sekalipun.

Tapi, seperti yang telah kamu ketahui, bahwa dampak kesehatan gigi yang diakibatkan oleh vape lebih kecil dibandingkan rokok konvensional. Kemudian setelah membaca beberapa ulasan mungkin banyak yang menyatakan bahwa gangguan kesehatan gigi lebih banyak diakibatkan oleh kandungan nikotin pada rokok atau liquid vape.

Bagi kamu yang sudah biasa menggunakan vape tentunya sudah tahu kan bahwa nikotin pada liquid vape jauh lebih sedikit dibanding rokok konvensional. Bahkan jika kamu tidak menyukai nikotin, bisa kok memilih liquid dengan kandungan nikotin 0%. Dengan begitu, kamu tidak perlu khawatir dengan kesehatan dan kerusakan gigi.

Kemudian, di mana bisa mendapatkan liquid yang cocok dengan selera kamu? Tentunya ini bukan persoalan yang rumit. Kamu bisa mendapatkan liquid vape yang berkualitas dengan harga terjangkau di Indonesia Dream Juice. Kami menyediakan kebutuhan liquid terbaik yang sesuai dengan selera masyarakat Indonesia.

Kamu bisa mendapatkan liquid dengan berbagai varian, mulai dari rasa hingga kadar nikotin yang terkandung di dalamnya. Caranya pun cukup mudah, klik saja disini!

Segera temani aktivitas vaping kamu bersama produk liquid dari Indonesia Dream Juice. Dengan produk liquid dari kami, kamu pun bisa menjawab pertanyaan “apakah vapers harus khawatir dengan kesehatan gigi?”

Share dan Follow Sosial Media kami!
error:
WeCreativez WhatsApp Support
Tim customer support kami siap menjawab segala pertanyaan Anda. Silahkan tanyakan apa saja!
👋 Halo, ada yang bisa saya bantu?