Back

Vaping Lebih Mahal Daripada Rokok Konvensional? Cek Perbandingannya!

Vaping lebih mahalPenggunaan rokok elektrik atau vape saat ini semakin merajalela, karena salah satu manfaatnya yaitu dapat digunakan sebagai terapi untuk berhenti merokok. Dengan semakin banyaknya pengguna, jadi, apakah penggunaan vaping lebih mahal?

Sebelum membahas lebih jauh, untuk kamu  yang masih bingung tentang vaping, apa saja perlengkapannya yang dibutuhkan? Yuk simak penjelasan berikut ini, perlengkapan apa saja yang wajib kamu  miliki.

Perlengkapan Vape yang Wajib Kamu Miliki

  •  Mod

Mod atau biasa disebut box adalah bagian utama atau badan dari vape. Bagian dalam Mod terdapat baterai dan rangkaian listrik yang dapat menyalurkan arus ke dalam atomizer. Ada dua jenis Mod vape, yaitu electrical Mod yang memiliki komponen listrik berbentuk chip, dan mechanical Mod yang tidak memiliki komponen listrik.

  • Drip

Drip berada pada bagian ujung vape. Bagian ini menjadi perantara antara mulut dan vape. Ukuran dari drip dapat menyesuaikan dengan ukuran vape.

  • Kawat Coil dan Coiler

Fungsi dari kawat coil yaitu dapat mempengaruhi rasa dan cloud saat proses vaping. Tiap tipe kawat ini memiliki karakteristik yang berbeda. 

Sedangkan coiler adalah alat bantu untuk memasang coil. Pemasangan coil dengan alat bantu dapat membantu kamu  memasang coil agar lebih rapi.

  • Kapas

Kapas yang digunakan adalah kapas khusus vape, karena tanpa pemutih, tanpa pengawet, tanpa pewarna buatan, dan telah melalui proses boiled yang aman dari bakteri. Kapas berperan penting dalam proses penguapan vape.

  • Baterai

Baterai adalah perlengkapan terpenting dari vape, karena tanpa baterai vape tidak bisa melakukan proses vaping. Baterai memiliki komponen untuk menyimpan dan mengeluarkan energi listrik, jadi tidak heran kalau baterai wajib kamu  miliki.

  • Atomizer

Atomizer berfungsi untuk mengubah cairan liquid menjadi uap. Pada atomizer, didalamnya terdapat komponen penting seperti coil, kapas, vapor, dan tube tank.

Setiap atomizer memiliki deck yang berbeda, jadi dapat mempengaruhi rasa liquid dari hasil pembakaran. Atomizer terbagi menjadi 3 jenis, yaitu:

Rebuildable Tank Atomizer (RTA), yaitu memiliki tank yang terbuat dari kaca pyrex yang tidak mudah pecah, namun jika tidak berhati-hati dapat pecah, dan dapat menampung liquid lebih banyak.

Rebuildable Dripping Atomizer (RDA), jenis ini tidak memiliki tank. Cara kerja RDA yaitu, liquid diteteskan pada kapas dan coil, kemudian dipanaskan agar menghasilkan uap.

Rebuildable Dripping Tank Atomizer (RDTA), yaitu perpaduan antara RDA dan RTA. Jika tank pada RDTA pecah, maka masih bisa kamu  gunakan.

  • Liquid

Liquid merupakan sumber utama yang dapat menghasilkan rasa ketika vaping. Liquid memiliki rasa dan jenis yang beraneka ragam. 

Bagi kamu  yang menggunakan vape, tentu familiar dengan dua jenis liquid, yaitu freebase, dan salt nicotine. Jenis freebase dapat menghasilkan kepulan asap lebih banyak, tingkat kandungan nikotin rendah, dan biasa digunakan pada vape jenis Mod. Sedangkan salt nicotine kebalikan dari freebase, biasa digunakan untuk vape jenis Pod. Sebagai informasi, Pod sendiri merupakan jenis vape yang digunakan oleh para pemula yang memang ingin berpindah dari rokok konvensional tembakau ke vape, dengan ukurannya yang mini. Jadi cukup praktis dan simple untuk dibawa kemana-mana serta tentu kebutuhan nikotin kamu akan terpenuhi. Sementara itu, untuk Mod memiliki bagian tubuh yang agak besar dibandingkan dengan Pod, terdapat bagian RDA/ RTA/ RDTA, kapas, serta koil dalam device yang satu ini. Mod ini memiliki dua jenis, yakni regulated dan mechanical. Ada juga jenis Mod yang harus mengganti koil saja, karena kapasnya terdapat dalam 1 wadah koil. Namun, ada juga yang harus mengganti koil juga kapas sekaligus, disesuaikan dengan jenis yang digunakan. Pod dan Mod ini sama-sama mempunyai tangka untuk menyimpan e-liquidnya, namun banyak juga pengguna mod yang mencampur campuan e-liquid sendiri agar bisa disesuaikan dengan selera mereka. Kalau kamu  bingung ingin menggunakan liquid yang mana, cek liquid  yang tersedia di Indonesia Dream Juice ya!

Beberapa perlengkapan di atas harus kamu  miliki jika ingin beralih ke vape. Enam perlengkapan tersebut tentunya memiliki harga yang berbeda, tergantung dari tempat dimana kamu  membeli. Kamu  bisa membeli vape langsung jadi, atau melakukan pembelian secara terpisah. Seperti kamu  membeli Mod sendiri, baterai sendiri, dan lain sebagainya. Dengan banyaknya perlengkapan yang harus dimiliki, apakah vaping lebih mahal daripada rokok biasa atau rokok konvensional? Jawabannya adalah iya, namun biaya yang lebih mahal cukup kamu  keluarkan saat satu kali pembelian saja. Ketika kamu sudah memiliki perlengkapannya, nantinya kamu  hanya perlu membeli baterai, coil, kapas, RDA, RTA, atau RDTA, dan liquid. Atau jika kamu memilih jenis Pod, itu akan lebih murah dibanding Mod karena tidak memerlukan banyak perlengkapan.

Untuk menjawab pertanyaan apakah penggunaan vaping lebih mahal daripada rokok konvensional, kami akan membantu untuk menjelaskannya.

Pengeluaran untuk Rokok

Rokok konvensional atau rokok biasa hadir dengan berbagai merek dan harga. Kisaran harga rokok saat ini mayoritasnya yaitu Rp.15.000 hingga kisaran Rp.38.000.

Kebiasaan merokok setiap orang berbeda satu sama lain. Ada yang menghabiskan 1 bungkus rokok sehari, ada yang 1 bungkus untuk beberapa hari, dan bagi perokok berat biasanya menghabiskan lebih dari 1 bungkus dalam sehari.

Jika perokok tersebut membeli rokok dengan harga Rp.25.000 untuk sehari, maka dalam sebulan  harus mengeluarkan Rp.750.000. Pengeluaran ini berlaku pagi para perokok yang menghabiskan 1 bungkus dalam sehari, dan mengonsumsi merek tertentu. Jika perokok yang mengonsumsi rokok seharga Rp.38.000 dalam sehari, maka harus mengeluarkan Rp.1.140.000.

Pengeluaran untuk Vape, Apakah Vaping Lebih Mahal?

Bagi pengguna vape, salah satu jenis yang sedang digandrungi adalah Pod. Berbentuk kecil dan dapat dengan mudah dibawa kemana saja, menjadikan Pod banyak digunakan saat ini. Saat membeli Pod, kamu  telah mendapatkan coil bawaan dari pabrik yang dapat langsung kamu  gunakan. Singkatnya, vape jenis Pod lebih murah dan praktis daripada jenis lainnya. Untuk membeli vape device Mod, saat awal pembelian kamu  akan mengeluarkan uang berkisar Rp.800.000 (harga mayoritas). Dengan Rp.800.000, kamu  mendapatkan Mod beserta komponen lain seperti RDA atau RDTA, kapas, dan coil. Sedangkan untuk Pod kamu  akan mengeluarkan uang kurang lebih Rp.250.000 – Rp.400.000 (harga mayoritas). Harga Mod dan Pod tergantung sesuai merk dan jenisnya masing-masing. Setelah kamu  memiliki device nya, kamu  membutuhkan liquid yang harganya bervariasi. Seperti di Indonesia Dream Juice, kami menyediakan liquid dengan berbagai rasa, jenis, dan ukuran. Untuk harga berkisar antara Rp.70.000 – Rp.190.000. Dalam satu bulan, pengguna vape biasanya dapat menggunakan satu liquid. Selain itu pembelian kapas untuk pemakaian selama 2 bulan kurang lebih berkisar Rp.50.000, dan penggantian coil selama dua minggu sekali memiliki kisaran harga Rp.50.000 – Rp.60.000. Jika menggunakan Pod, biaya yang kamu  keluarkan jauh lebih sedikit dan murah. Untuk penggantian coil atau cartridge berkisar Rp.30.000 – Rp.50.000 untuk dua minggu penggunaan.

Vaping Lebih Mahal atau Lebih Murah?

Biaya yang kamu  keluarkan untuk menggunakan vape akan terasa lebih mahal di awal karena harus membeli device terlebih dahulu. Namun untuk pengeluaran perbulannya tentu lebih murah dibandingkan rokok biasa.

Pemilihan liquid dapat kamu  sesuaikan dengan selera dan kesukaanmu. Kami menyediakan beberapa jenis produk liquid yang tentunya sesuai dengan selera kamu , yaitu:

  • Best Dessert
  • Blondies
  • Crazy Rich
  • Daily Dream
  • Dream Cloud
  • Hexohm
  • Macedonia
  • Milkshake
  • Mouth to Lord
  • Mr. Coffee
  • My Doughnut’s
  • My Milk’s
  • My Oat’s
  • Pancake
  • Tokyo Cookies
  • UNA

Produk liquid tersebut tersedia dalam berbagai ukuran, dari yang paling kecil yaitu 30 ml, ukuran sedang 60 ml, dan 100 ml. Penggunaan liquid seorang pengguna vape tergantung dari seberapa sering kamu  menggunakannya. 

Semakin sering kamu  menggunakan vape, maka pengeluaran yang kamu  butuhkan juga akan semakin lebih. Namun pengeluaran tersebut tidak lebih mahal daripada pengeluaran perokok konvensional.

Saat ini kamu  telah mengetahui apakah vaping lebih mahal atau tidak dibandingkan rokok konvensional. Buat kamu  yang ingin mencari liquid dengan banyak varian rasa kesukaanmu, cek laman kami di indonesiadreamjuice.com, ya!

 

Share dan Follow Sosial Media kami!
error:
WeCreativez WhatsApp Support
Tim customer support kami siap menjawab segala pertanyaan Anda. Silahkan tanyakan apa saja!
👋 Halo, ada yang bisa saya bantu?