Back

Penggunaan Vape Jadi Bagian Gaya Hidup Kaum Urban

Penggunaan Vape Jadi Bagian Gaya Hidup Kaum Urban - Indonesia Dream Juice

Penggunaan Vape Jadi Bagian Gaya Hidup Kaum Urban – Penggunaan rokok elektrik atau yang lebih dikenal dengan sebutan vape semakin banyak digemari, terutama di kalangan kaum urban. Bagi mereka, vaping tidak sekadar aktivitas merokok, melainkan sudah menjadi bagian dari gaya hidup yang lebih modern dan dianggap sebagai produk alternatif pengganti rokok tembakau yang lebih aman.

 

Vape Sebagai Alternatif Rokok Tembakau

Para pengguna vape atau vapers berpendapat bahwa vaping lebih efektif dan lebih rendah risiko kesehatannya dibandingkan dengan rokok tembakau. Hal ini disebabkan oleh tidak adanya proses pembakaran dalam vape yang menghasilkan TAR dan karbonmonoksida yang berbahaya bagi kesehatan. Dalam rokok tembakau, kedua zat ini merupakan komponen utama yang berkontribusi terhadap berbagai penyakit serius, termasuk kanker paru-paru dan penyakit jantung.

Selain itu, hembusan uap yang dihasilkan dari vape tidak menempel di pakaian, perabotan rumah, atau interior mobil. Ini merupakan salah satu alasan mengapa banyak orang beralih ke vape. Meskipun uap vape tidak meninggalkan bau yang kuat seperti asap rokok tembakau, uap vape tetap memiliki aroma dari liquid yang digunakan, yang biasanya berupa rasa buah atau dessert, sehingga lebih tolerable dan tidak mengganggu orang lain di sekitar.

 

Aktivitas Vaping di Kalangan Urban

Pada umumnya, pengguna vape melakukan aktivitas vaping saat sedang berkumpul bersama teman, berada di lingkungan kerja, atau bahkan saat berkendara. Vaping telah menjadi bagian dari interaksi sosial dan dianggap sebagai cara yang lebih santai dan modern untuk menikmati nikotin. Banyak vapers, terutama yang tinggal di perkotaan, memiliki beberapa jenis device, seperti pod dan mod, untuk menyesuaikan kebutuhan sehari-hari mereka.

 

Kepraktisan dan Kelebihan Device Pod

Device pod dinilai praktis untuk dibawa ke mana saja dan digunakan kapan pun dan di mana pun. Pod memiliki ukuran yang lebih kecil, baterai dengan sistem internal, dan mengeluarkan uap yang cenderung lebih sedikit. Ini membuat pod menjadi pilihan favorit bagi mereka yang menginginkan kemudahan dan fleksibilitas dalam vaping. Pengguna pod dapat dengan mudah menyimpan device mereka di kantong atau tas kecil, dan menggunakannya tanpa menarik perhatian yang berlebihan.

 

Performa Device Mod

Sementara itu, mod, yang memiliki ukuran lebih besar dan dilengkapi dengan atomizer, menawarkan performa yang lebih maksimal. Mod dapat menghasilkan flavour atau rasa dari liquid secara lebih intens dan memuaskan. Namun, ukurannya yang besar dan kebutuhan akan perawatan yang lebih rumit membuat mod kurang praktis untuk dibawa atau digunakan secara berkala saat bepergian. Oleh karena itu, banyak pengguna mod hanya menggunakannya di rumah atau saat mereka memiliki waktu luang untuk menikmati vaping dengan lebih santai.

 

Pemilihan Flavour dan Jenis Liquid

Para vapers cenderung sudah menemukan flavour dari liquid yang sesuai dengan device mereka, selera, hingga kebutuhan nikotin harian. Ada dua jenis liquid yang umum digunakan, yaitu freebase dan saltnic. Freebase liquid biasanya digunakan dalam mod dan menghasilkan uap yang lebih banyak serta rasa yang lebih kuat. Di sisi lain, saltnic liquid lebih cocok untuk pod karena konsentrasi nikotinnya lebih tinggi, sehingga pengguna dapat merasakan kepuasan nikotin dengan sedikit uap.

 

Baca Juga : Kini Blondies Dessert Saltnic Sudah Bisa Kamu Beli di Website Official IDJ

 

Statistik Penggunaan Vape di Indonesia

Menurut laporan dari Statista Consumer Insights, Indonesia merupakan negara dengan pengguna vape terbanyak di dunia. Fenomena ini menunjukkan betapa populernya vape di kalangan masyarakat urban di Indonesia. Banyak faktor yang mempengaruhi tingginya angka pengguna vape di Indonesia, mulai dari kemudahan akses terhadap produk vape, harga yang relatif terjangkau, hingga pengaruh budaya dan gaya hidup modern yang semakin mendominasi.

 

Dampak Sosial dan Kesehatan dari Penggunaan Vape

Meskipun vape dianggap lebih aman dibandingkan rokok tembakau, tetap ada perdebatan mengenai dampak kesehatannya. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa meskipun risiko kesehatan vape lebih rendah, penggunaannya masih dapat menyebabkan masalah pernapasan dan kecanduan nikotin. Oleh karena itu, penting bagi pengguna untuk tetap bijak dalam menggunakan vape dan memilih produk yang berkualitas serta sesuai dengan standar kesehatan yang ditetapkan.

Di sisi sosial, penggunaan vape juga membawa dampak positif. Vaping dapat menjadi alternatif yang lebih ramah lingkungan karena tidak menghasilkan puntung rokok yang menjadi sampah. Selain itu, dengan semakin banyaknya tempat umum yang melarang merokok, vape menjadi solusi bagi mereka yang ingin menikmati nikotin tanpa mengganggu lingkungan sekitar.

 

Tren Masa Depan Vape

Melihat tren saat ini, penggunaan vape di kalangan kaum urban diperkirakan akan terus meningkat. Inovasi dalam teknologi vape terus berkembang, menawarkan device yang lebih canggih dan liquid dengan berbagai rasa yang menarik. Selain itu, kampanye dan edukasi mengenai bahaya rokok tembakau serta manfaat relatif dari vape juga turut berkontribusi terhadap peningkatan jumlah pengguna vape.

 

Kesimpulan

Penggunaan vape telah menjadi bagian integral dari gaya hidup kaum urban. Dengan berbagai kelebihan yang ditawarkan, mulai dari risiko kesehatan yang lebih rendah, kemudahan penggunaan, hingga pilihan rasa yang beragam, vape menjadi alternatif yang menarik bagi banyak orang. Namun, penting bagi pengguna untuk tetap waspada terhadap dampak jangka panjang dan menggunakan produk vape dengan bijak. Dengan demikian, vape dapat menjadi solusi yang lebih aman dan nyaman untuk menikmati nikotin tanpa merugikan diri sendiri dan orang lain di sekitar.

 

Jangan lupa juga follow instagram kami @idjofficial biar ga ketinggalan info-info menarik seputar IDJ yaa!

Masih bingung atau ragu dalam mendaftar di IDJ? Tanya-tanya sama admin disini yuk!

Share dan Follow Sosial Media kami!
error:
WeCreativez WhatsApp Support
Tim customer support kami siap menjawab segala pertanyaan Anda. Silahkan tanyakan apa saja!
👋 Halo, ada yang bisa saya bantu?