Back

Apakah Rokok Elektrik Aman untuk Kesehatan?

rokok elektrikDi Indonesia rokok elektrik telah dilegalkan sejak tahun 2018. Karena hal tersebut peredaran rokok elektrik sudah semakin luas dan dapat dijangkau oleh seluruh kalangan masyarakat. Bahkan rokok elektrik memiliki harga yang jauh lebih terjangkau dibanding dengan rokok konvensional. Namun apakah rokok elektrik aman? Yuk ketahui informasinya di bawah ini?

Dilansir dari Ketua Perhimpunan Dokter Paru Indonesia, Dokter Agus Dwi Susanto menyebutkan bahwa sebenarnya kedua jenis rokok tersebut sama-sama berbahaya. Di dalam kedua jenis rokok tersebut mengandung nikotin yang dapat menyebabkan adiksi atau ketagihan. Ada beberapa hal yang harus diketahui oleh masyarakat luas mengenai kandungan rokok elektrik tersebut. Simak penjelasannya di bawah ini!

Apakah Rokok Elektrik Aman untuk Kesehatan?

Apapun jenisnya, tentu saja nikotin mampu menimbulkan berbagai jenis penyakit yang berbahaya seperti paru-paru, kardiovaskuler dan penyakit lainnya. Akan tetapi, sebuah penelitian juga menyebutkan bahwa sebenarnya nikotin pun penting untuk tubuh.

Hal ini karena reaksi nikotin dengan oksigen bisa membentuk asam nicotinic, dan efek dari turunan senyawa tersebut bisa bermanfaat bagi tubuh untuk menenangkan, merangsang aktivitas otak, fungsi motorik dan memori, serta bisa menenangkan suasana hati. 

Tapi, tentu saja jika melebihi kadar yang diperlukan, nikotin akan berbahaya, baik itu dalam rokok konvensional maupun rokok elektrik.  Adapun berbagai jenis kandungan yang ada di dalam rokok elektrik antara lain:

  • Nikotin 

Salah satu kandungan utama yang ada pada vape tentu saja adalah nikotin. Senyawa nikotin merupakan kandungan zat kimia yang mampu membuat setiap orang merasa adiksi atau ketagihan dalam mengkonsumsinya. 

Selain ketagihan, tentu saja nikotin yang masuk ke dalam tubuh dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Bahkan perokok aktif  yang terus mengkonsumsi dapat resiko terkena serangan jantung dan juga stroke.

  • Propilen Glikol Dan Gliserol 

Selain nikotin tentu saja di dalam sebuah vape terdapat kandungan propilen glikol dan gliserol. Kedua jenis cairan tersebut merupakan cairan pelarut yang digunakan untuk vape. 

Pelarut tersebut biasanya digunakan untuk beberapa produk makanan dan juga kosmetik. Fungsi utama larutan propilen glikol dan gliserol pada rokok elektrik adalah untuk membuat uap saat rokok elektrik tersebut dipanaskan.

  • Diacetyl 

Diacetyl adalah salah satu senyawa yang biasanya ditambahkan pada sebuah produk rokok elektrik. Diacetyl Ini fungsinya sebagai senyawa yang bisa menciptakan berbagai jenis rasa dan juga aroma.

Aroma pada rokok elektrik tentu saja sangat beragam seperti buah-buahan, butter, caramel dan berbagai jenis rasa dan aroma lainnya. 

Biasanya senyawa tersebut digunakan untuk memberikan aroma yang lebih tajam pada makanan instan seperti popcorn. Diacetyl bisa dikatakan sebagai senyawa yang aman untuk dikonsumsi.

Dengan mengetahui beberapa jenis kandungan di atas tentu saja kamu bisa membayangkan bagaimana resiko kesehatan yang bisa dialami.

Namun kandungan pada rokok elektrik tersebut tidak sebanding dengan kandungan jenis senyawa yang ada pada rokok konvensional. Rokok konvensional lebih banyak memiliki kandungan senyawa berbahaya. 

Supaya lebih jelas, mari pelajari apa saja bagian yang berbeda pada kedua jenis rokok tersebut.

Apakah Rokok Elektrik Aman Dan Lebih Baik Dari Rokok Konvensional?

Rokok elektrik dirasa lebih “less harmful” atau minim resiko karena memang tidak terkandung senyawa yang lebih berbahaya seperti rokok konvensional. 

Asap rokok konvensional di dalamnya mengandung hidrogen sianida, tar, karbon monoksida dan berbagai senyawa lain yang pasti berbahaya. 

Apabila kamu adalah seorang perokok yang sangat aktif, tentu saja menggunakan vape adalah salah satu cara alternatif yang bisa membantumu untuk mengurangi bahkan menghentikan kecanduan merokok.

Bahkan beberapa sumber mengatakan bahwa vape lebih dipilih sebagai pengganti rokok konvensional dibandingkan dengan konsumsi permen karet nikotin.

Kebiasaan menggunakan rokok elektrik tentu saja akan membuat perokok berangsur-angsur mengurangi durasi merokoknya. Namun semua keterangan tersebut tidak bisa dijadikan sebuah kesimpulan bahwa rokok elektrik sepenuhnya aman. 

Fungsi utama dari rokok elektrik adalah untuk membuat perokok konvensional berhenti menggunakan rokok tembakau yang memiliki risiko penyakit jauh lebih besar. 

Penggunaan rokok elektrik secara jangka panjang juga memiliki risiko yang sama. Oleh karena itu manfaatkanlah vape sebagai alternatif untuk mengikis kebiasaan merokok menggunakan rokok konvensional. 

Rokok elektrik itu sendiri juga memiliki efek samping bagi kesehatan jika digunakan secara berlebihan. Beberapa jenis penyakit yang bisa terjadi akibat kecanduan vape antara lain peningkatan tekanan darah, penyempitan pembuluh darah bahkan pengerasan dinding pembuluh darah.

Apalagi jika kamu mengkonsumsi rokok elektrik dalam waktu lama tentu saja berdampak buruk pada kondisi jantung. Vape juga tidak disarankan untuk digunakan di sekitar anak-anak maupun ibu hamil. Hal tersebut dikarenakan asap dari rokok vape tersebut tentu saja sangat membahayakan perokok pasif .

Berbagai jenis informasi yang penting mengenai apakah rokok elektrik aman telah kami ulas dengan detail di atas. 

Namun tidak bisa dipungkiri bahwa memang sebuah kebiasaan merokok tidak dapat dihentikan dalam waktu yang cepat. Setiap orang tentu saja memiliki kesempatan untuk berhenti merokok dan setiap orang juga memiliki cara yang berbeda-beda. 

Salah satu cara positif yang bisa digunakan untuk meminimalisir senyawa yang berbahaya bagi tubuh memang adalah dengan memilih vape. 

Untuk mendapatkan manfaat yang jauh lebih besar dari vape, kamu harus memulai alternatif gaya hidup yang jauh lebih baik. 

Mendapatkan produk terbaik dan berkualitas tinggi bisa didapat dari produsen terpercaya cairan liquid yaitu Indonesia Dream Juice. Kami menyediakan berbagai jenis produk liquid dengan kualitas dan harga terbaik. 

Jenis rasa yang kami tawarkan tentu saja sangat unik dan nikmat, ayo ketahui lebih detail disini!

Solusi Aman Bagi Gaya Hidup Perokok Aktif!

Indonesia Dream Juice merupakan salah satu brand di bawah naungan grup besar PT Java Vapor Indonesia. Perusahaan kami memang fokus bergerak di bidang produksi pengolahan tembakau dan kami telah berpengalaman selama 6 tahun di dunia liquid.

Kami memiliki komitmen dalam bisnis untuk selalu memberikan kualitas terbaik pada konsumen. Dengan jam terbang yang tinggi tersebut, kami memiliki banyak sekali pengetahuan mengenai kebutuhan dan karakter konsumen yang ada di seluruh wilayah Indonesia.

Dengan data tersebut kami menemukan solusi untuk melakukan inovasi berbagai jenis rasa yang membantu para perokok konvensional mulai mencoba hal baru.

Daripada penasaran simak beberapa produk terbaik  yang kami miliki disini:

  • Liquid Cup Corn Cheese And Milk

Salah satu produk favorit yang digemari oleh kalangan masyarakat Indonesia adalah liquid best dessert cup corn  and milk. Jenis liquid ini tentu saja memberikan rasa yang sangat memuaskan bagi perokok elektrik.

Di dalam liquid ini terdapat perpaduan rasa keju yang sangat gurih dengan balutan cream susu yang lembut. Saat menikmati jenis liquid ini tentu saja kamu bisa berangsur mengurangi ketergantungan terhadap nikotin rokok konvensional.

  • Liquid Brunette Chocolate Cheese Cream Bake

Selain rasa yang gurih tentu saja kami juga menghadirkan liquid anti mainstream. Liquid ini dijamin fresh from the oven dan memberikan kamu sensasi kelezatan coklat creamy yang sangat klasik. 

Uniknya di dalam liquid ini  juga dihadirkan rasa gurih yang berasal dari keju. Bahkan ada sensasi panggang yang bisa dirasakan dari liquid ini.

Jenis liquid ini sangat digemari oleh kalangan muda-mudi yang ada di Indonesia. Penasaran? buruan pesan sekarang disini!

Nah itu adalah beberapa contoh rasa liquid yang kami miliki. Sekarang kamu sudah memahami apa saja manfaat dan juga kandungan yang ada pada rokok elektrik. 

Jawaban tentang apakah rokok elektrik aman telah kamu ketahui dengan jelas di atas. Jika kamu ingin melakukan pemesanan liquid dengan rasa yang lain, buruan hubungi tim marketing kami di sini!

===

 

Share dan Follow Sosial Media kami!
error:
WeCreativez WhatsApp Support
Tim customer support kami siap menjawab segala pertanyaan Anda. Silahkan tanyakan apa saja!
👋 Halo, ada yang bisa saya bantu?