Back

Cara Merawat Vape Agar Bebas Dari Bahaya dan Penyebab Kerusakan

 

Vape atau rokok elektrik merupakan salah satu penghantar nikotin elektronik yang dirancang untuk memanaskan larutan nikotin, perasa atau propilen. Mengingat vape termasuk rokok elektrik. Maka perlu dirawat secara berkala untuk menghindari kerusakan yang cepat. Adapun cara merawat vape tentu tidak bisa dilakukan secara sembarangan. da langkah-langkah khusus yang perlu kamu ketahui untuk merawat rokok elektrik tersebut.

Vape memiliki banyak sekali komponen di dalamnya seperti hal nya RTA, coil vapor, baterai, atomizer, dan mod. Semua komponen tersebut harus dibersihkan secara rutin dalam jangka waktu tertentu. Pembersihan dilakukan untuk menghindarkan efek kerusakan dan untuk menjaga alat vape tetap dalam keadaan baik saat digunakan.

Ketahui Komponen Vape Agar Tahu Cara Merawat Vape yang Benar

Setiap barang yang dirawat dengan benar tentu akan bisa awet. Sama halnya dengan cara merawat vape. Namun, sebelum kamu memutuskan untuk mengetahui cara-cara merawat vape. Akan lebih baik jika kamu tahu terlebih dahulu komponen penyusun vapenya sendiri. Yuk, kenali komponen vape sebelum menggunakan dan membersihkan vape. Berikut ini penjelasan mengenai komponen vapenya.

  • Drip Tip

Frip atau driptip merupakan salah satu komponen vape yang terletak pada bagian ujung vape. Driptip memiliki fungsi untuk menghisap vape dan mengeluarkannya secara langsung. Hasil pengisapan juga akan mengeluarkan uap dengan beragam  .

Drip dapat dibagi menjadi 2 tipe ukuran, yaitu 510 dan 810. Namun tipe 510 merupakan jenis drip tip yang paling umum digunakan. Karena memiliki varian yang beragam, mulai dari varian slim style, whistle dan normal drip tip 510. Sedangkan 810 hanya memiliki 1 tipe varian saja, yakni wide bore.

  • Atomizer

Atomizer merupakan komponen vape yang terdiri dari 3 bagian dan menyatu menjadi satu bagian. 3 bagian tersebut meliputi koil, kapas, dan e liquid. Fungsi dari masing-masing komponen ini adalah untuk memproses liquid menjadi uap. Komponen ini juga berperan penting sebagai penentu sebuah rasa.

  • Mod

Mod merupakan komponen krusial pada vape, karena fungsinya yang menjadi wadah dan sebagai penampung komponen-komponen penting. Seperti penyimpanan baterai dan beberapa komponen yang lain. Baterai merupakan komponen paling penting, terutama untuk penyuplai dan pengalir daya agar mod dapat berfungsi.

  • Liquid

Liquid merupakan sebuah cairan yang berfungsi sebagai pengisi mod. Liquid umumnya akan ditempatkan di tangki atomizer dan kemudian akan diproses dan dijadikan uap. Ada banyak sekali rasa yang ada pada liquid. Dan rasa inilah yang membedakan antara rokok elektrik dengan rokok konvensional.

  • Baterai

Seperti yang sudah dijelaskan secara singkat pada poin di atas, baterai merupakan komponen paling penting pada vape. Karena fungsinya yang dapat menyimpan sekaligus menghantarkan daya. Baterai vape merupakan baterai khusus dan telah teruji kualitasnya. Sehingga pemilihan baterai perlu diperhatikan karena bukan jenis-jenis baterai biasa.

Cara Merawat Vape Agar Awet dan Tahan Lebih Lama

Setelah mengetahui komponen-komponen pada vape, maka selanjutnya bisa masuk ke inti pembahasan mengenai tata cara merawat vape. Dari jutaan orang pengguna vape, sangat disayangkan jika sebagian besar dari mereka tidak tahu tata cara merawat vape dengan baik dan benar. Atau perawatan yang sesuai dan dianjurkan dari pabriknya.

Proses perawatan alat elektronik memang tidak hanya melulu soal membersihkan alat tersebut dari debu dan kotoran. Tetapi juga beberapa langkah tertentu seperti menerapkan pemakaian alat yang baik dan benar. Mengingat drip tip, atomizer, mod, dan baterai membutuhkan perawatan khusus selama pemakaian.

Tata Cara Merawat Vape yang Baik dan Benar

Berikut tata cara merawat vape agar tidak mudah rusak dan dapat bertahan lebih lama.

  • Daya Baterai Tidak Boleh Kosong

Baterai vape yang kosong dapat memperpendek usia pakai baterai, alias tidak dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama. Pastikan kondisi baterai tidak kosong, dan sebaiknya baterai segera di charger dengan konsisten pada kondisi baterai mulai melemah. Dengan indikator yang menunjukan pada 10-20 %.

  • Selalu Gunakan Baterai Original

Penggunaan vape bermerek dan telah di cap original, tentu harus diikuti dengan penggunaan komponen original pula. Misalnya adalah penggunaan baterai original yang telah memiliki fitur cut untuk menghindarkan resiko terjadi korsleting. Penggunaan baterai KW juga dapat membahayakan pengguna, karena dalam jangka waktu tertentu dapat merusak vape.

  • Gunakan Charger External

Penggunaan charger external lebih baik untuk kelangsungan hidup vape. Karena charger external dapat menjaga mode kamu tetap awet. Charger external juga dibuat khusus untuk mengisi baterai vape dan telah dilengkapi dengan auto cut off dan overcharging protection. Sehingga jauh lebih aman dan minim terjadi kerusakan.

  • Perhatikan Waktu Charge

Men-charge vape terlalu lama hanya akan membuat baterai vape cepat bocor dan beresiko cepat rusak. Sistem pengisian daya yang benar adalah cabut charge segera setelah vape sudah benar-benar dalam keadaan penuh. Atau sesuai dengan instruksi pengecasan yang dibutuhkan, dan kurang lebih memakan waktu setidaknya 1 atau 2 jam.

  • Gunakan Settingan Voltase yang Pas

Ketika proses penggantian koil, hal yang perlu diperhatikan adalah voltase dan ohm dari baterai. Setting dan sesuaikan daya voltase dengan ukuran yang sesuai. Ukuran voltase menyesuaikan ohm yang dibuat mengikuti, dan mengikuti tingkat ketahanan baterai dan mod. Sebab, jika nilai ohm kecil atau tidak sesuai dengan baterai, maka vape akan cepat panas dan baterai cepat habis.

  • Gunakan Sewajarnya dan Tidak Berlebihan

Penggunaan vape yang terlalu berlebihan juga tidak dianjurkan, karena vape hanyalah sebuah alat elektronik atau mesin rokok elektrik yang masih memiliki keterbatasan. Alangkah baiknya lakukan jeda beberapa menit saat vape mulai terasa panas. Sebab jika digunakan secara terus menerus dan terlalu extreme, vape justru akan mengalami perpendekan usia.

Cara Merawat Vape Dengan Baik Tidak Akan Cukup Tanpa Liquid Berkualitas

Bicara soal vape, pasti tidak bisa lepas dari liquid. Rasa liquid yang banyak dan memiliki brand yang berbeda-beda tentu dapat membuat kita penasaran dan ingin mencoba semuanya. Anda tidak perlu khawatir, karena kami disini akan memberikan rekomendasi liquid terbaik dari Dream Juice.

Kami merupakan salah satu brand liquid di bawah naungan perusahaan PT. Java Vapor Indonesia, yang telah bergerak di bidang produksi hasil olahan tembakau atau liquid. Perusahaan kami selalu berkomitmen untuk memberikan kualitas terbaik untuk setiap liquid yang diproduksi.

Dream Juice ingin merubah gaya hidup masyarakat, melalui produk liquid dengan rasa dan aroma terbaik dan selalu menjadi signature. Dengan kesan fruity dan creamy pada liquid menjadikan karakter Dream Juice tidak ada pada produk lain. Nantikan kehadiran produk liquid dengan rasa baru dan sensasi baru untuk mengejutkan hari-harimu.

Karena Dream Juice telah banyak di kenal di kalangan para vapers, yang menggunakan vape sebagai daily vapingnya. Khususnya untuk seri fruity yang memiliki banyak varian rasa. Dan selalu menjadi favorit para vapers. Tunggu apa lagi? segera penuhi kebutuhan liquid anda hanya dengan Dream Juice.

 

 

Share dan Follow Sosial Media kami!
error:
WeCreativez WhatsApp Support
Tim customer support kami siap menjawab segala pertanyaan Anda. Silahkan tanyakan apa saja!
👋 Halo, ada yang bisa saya bantu?